Friday, September 30, 2016

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tags

Menjaga Kesehatan Mata


Cara Menjaga Kesehatan Mata-Kita seringkali lupa untuk menjaga kesehatan mata sejak dini. Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa indera penglihatan tersebut adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan sangat penting, dan bisa di bilang sangat vital perannya. Tanpa mata, tentu Anda tidak dapat melihat keindahan dunia dan lingkungan sekitar, serta banyak hal yang tidak bisa Anda lakukan tanpa indera penglihat ini. Salah satu cara memutihkan bola mata bisa Anda dapatkan di sini.

Oleh sebab itu, untuk memastikan bola mata selalu dalam keadaan sehat, berikut akan kami bagikan cara-cara atau tips menjaga kesehatan mata dengan mudah dan murah hanya menggunakan bahan-bahan alami dan sederhana. Dengan begitu tidak ada alasan lagi, Anda malas merawat mata karena terkendala masalah biaya.

Namun, sebelum masuk dalam topik tersebut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu beberapa penyebab terjadinya mata lelah yang merupakan pemicu awal permasalahan pada organ penting ini. Nah, silahkan disimak

Faktor Penyebab Mata Lelah

Mata lelah memang menjadi salah satu pemicu utama terjadinya permasalahan yang lebih berat. Adapun beberapa hal yang memicu terjadinya mata lelah adalah sebagai berikut.

1. Terpapar cahaya matahari secara langsung
2. Kebiasaan buruk membaca dengan posisi berbaring
3. Menyetir di saat malam hari
4. Membaca di kendaraan yang sedang berjalan
5. Menonton televisi dengan jarak terlalu dekat
6. Melihat fokus yang kecil, seperti memasukkan benang ke dalam lubang jarum
7. Kebiasaan membaca dengan penerangan ruangan yang redup

Tips dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Tetap Putih


1. Menggunakan Kaca Mata Hitam dengan Pelindung Ultraviolet

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa salah satu penyebab mata lelah adalah adanya paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan mata, Anda bisa menggunakan kaca mata hitam dengan pelindung ultraviolet saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Bukan hanya sekedar kaca mata yang dilengkapi dengan lensa gelap, melainkan harus sudah terpolarisasi. Hal itulah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata Anda dari paparan sinar matahari.

2. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Kebiasaan mengucek mata sering kali menjadi penyebab berbagai masalah pada mata. Pasalnya, kondisi tangan yang kotor seringkali diabaikan sehingga saat digunakan untuk mengucek mata, debu dan kuman yang ada di tangan akan berpindah dan membuat mata Anda mengalami masalah.

Jika mata terasa gatal, Anda bisa mengatasinya degan cara meneteskan obat mata dari dokter atau membelinya melalui apotek terdekat. Dengan cara tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan mata dari resiko penyebaran kuman serta terjadinya iritasi berlanjut.

Namun, Anda juga harus tetap memperhatikan frekuensi penggunakan obat tetes mata. Karena penggunaan obat tetes mata yang berlebihan justru dapat merusak kesehatan organ tersebut.

3. Senantiasa Melindungi Mata

Tips dan cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan senantiasa melindunginya, terutama ketika Anda melakukan aktivitas di luar rumah dan dapat meningkatkan resiko terjadinya mata lelah.

Misalnya, ketika megendarai sepeda motor, pastikan Anda selalu menutup kaca helm agar mata terlindung dari debu. Selain itu, ketika berenang, Anda juga sangat disarankan untuk menggunakan kaca mata khusus agar mata terlindung dari air yang membuatnya beresiko mengalami iritasi.

Cara yang satu ini memang sangat penting untuk dilakukan mengingat berbagai macam benda kecil yang dapat masuk ke dalam mata dapat menimbulkan efek samping yang buruk.

4. Menjaga Kesehatan Mata dengan Bahan-bahan Alami

Selain menggunakan beberapa cara mudah di atas, beberapa bahan alami juga terbukti mampu menjaga kesehatan mata dari berbagai macam resiko yang dapat membuat mata sakit, iritasi, dan sebagainya.

Adapun beberapa bahan alami untuk menjaga kesehatan mata tersebut adalah sebagai berikut.

a. Mengkonsumsi Buah Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C juga vitamin A. kandungan vitamin A dengan kadar tinggi yang dimiliki oleh buah sehat yang satu ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda secara alami.

Untuk mendapatkannya, Anda juga tidak perlu bersusah payah karena buah tomat sangat banyak dijual di pasaran serta ditawarkan dengan nominal harga yang sangat ekonomis.

Demi menjaga kesehatan mata, Anda bisa mengkonsumsi buah tomat secara rutin, baik dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi makanan maupun minuman jus yang segar.

b. Konsumsi Telur secara Rutin

Makanan sehat yang satu ini tidak hanya mengandung tinggi vitamin D dan vitamin B1, melainkan juga memiliki kandungan vitamin A tinggi yang sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, adanya kandungan zeaxanthin dan Lutein di dalam telur juga terbukti mampu menjaga kesehatan mata dari resiko terjadinya katarak. Anda bisa mengkonsumsi telur dengan cara mengolahnya menjadi berbagai menu makanan lezat, sesuai selera.

Konsumsi telur dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik serta senantiasa menjaga kesehatan mata dari berbagai permasalahan.

c. Sayur Bayam

Sayuran memang menjadi salah satu solusi selain buah-buahan yang mampu melindungi mata dari berbagai resiko negatif. Bayam adalah jenis sayuran yang juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan warna daun yang hijau serta rasanya yang enak, daun bayam ternyata juga memiliki kandungan vitamin A seperti beberapa bahan alami lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Tak hanya telur, daun bayam juga megandung lutein serta zeaxanthin yang mempu melindungi mata dari resiko terjadinya penyakit katarak.

d. Rajin Mengkonsumsi Sayur Wortel

Selain bayam, sayuran yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata adalah wortel. Dengan warna oranye yang khas, sayur wrotel juga memiliki kandungan vitamin A.

Selain itu, wortel juga memiliki kandungan betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, yaitu berperan mensuplai vitamin pada mata.

Anda bisa mengkonsumsi sayur wortel secara langsung, mengolahnya menjadi makanan lezat, atau menghaluskannya dengan blender dan diolah menjadi minuman jus yang segar.

e. Coklat Hitam

Bagi Anda yang tidak menyukai sayur-sayuran di atas, konsumsi coklat hitam secara rutin juga bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan mata secara alami.

Coklat hitam merupakan bagian dari suatu tanaman yang memiliki kandungan flavonoid. Kandungan bergizi tersebut memiliki peranan dalam memperkuat retina dan kornea mata.

Selain itu, flavonoid di dalam coklat hitam juga mampu melindungi serta melancarkan peredaran darah di dalam mata sehingga resiko terjadinya kebutaan dapat ditekan jika mengkonsumsi coklat hitam secara teratur.

f. Sayur Mentimun

Sayur segar yang satu ini memang sangat identik dengan mata. Tak jarang Anda akan melihat banyak orang meletakkan irisan mentimun tipis di atas kedua kelopak matanya.

Dengan sensasi rasanya yang dingin, mentimun mampu mengurangi kantong mata yang menghitam dan membesar, serta mengatasi pembengkakan pada mata.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memotong mentimun dnegan tebal sekitar 3 mm dan meletakkannya di atas kelopak mata setiap malam, menjelang tidur.

5. Menjaga Jarak Pandang

Sesuai dengan beberapa faktor resiko yang telah kami bahas di atas, Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan cara menjaga jarak pandang yang tidak terlalu dekat.

Tak jarang, kita memiliki kebiasaan yang buruk membaca buku, menonton televisi, serta menggunakan komputer dengan jarak terlalu dekat. Hal ini tentu dapat membuat mata bekerja lebih ekstra dan membuatnya menjadi cepat lelah dan mengalami berbagai resiko lainnya.

Penutup

Demikian beberapa tips murah menjaga kesehatan mata secara alami yang dapat kami bagikan. Semoga, informasi ini bermanfaat bagi Anda semua dan dapat membantu memutihkan bola mata Anda.


EmoticonEmoticon