Saturday, October 22, 2016

Tips dan Cara Terhindar Penyakit Jantung

Tags

Dunia-Sehat.comTips dan Cara Terhindar Penyakit Jantung - Serangan jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya dan juga mematikan. Keganasan dari penyakit yang satu ini sudah tak asing lagi, dan disinyalir sebagai sebagai penyebab tertinggi pemicu angka kematian pada kebanyakan orang dewasa.

Seseorang dapat terserang penyakit jantung apabila aliran darah yang beredar ke seluruh tubuh mengalami gangguan. Gangguan paling utama yang membuat pembuluh darah tidak lancar hingga terhenti adalah adanya penumpukan lemak yang berlebihan.

Penyakit Jantung
Tips dan Cara Terhindar Penyakit Jantung

Selain mengganggu kesehatan dan kinerja jantung, penumpukan lemak jahat yang berlebihan di dalam tubuh juga dapat meningkatkan resiko penyakit stroke serta tekanan darah juga dapat melonjak tinggi. Oleh sebab itu, cara terbaik agar terhindar dari penyakit jantung yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips buat Anda agar terhindar dari penyakit jantung ini, serta mengenali lebih dini gejalanya.

Gejala Awal dari Penyakit Jantung

  1. Mudah lelah walaupun tidak melakukan aktivitas berat
  2. Mengalami kesulitan untuk tidur
  3. Jantung terasa berdebar-debar seperti tertekan oleh sesuatu. Penderita penyakit jantung akan selalu merasa berdebar-debar walaupun tidak melakukan aktivitas yang dapat memacu kinerja jantung atau tidak dalam kondisi panik.
  4. Adanya rasa nyeri seperti ditusuk pada bagian dada
  5. Penderita akan merasa sesak nafas
  6. Keluarnya keringat dingin
  7. Muncul rasa kesemutan di bagian lengan, punggung, dan beberapa bagian tubuh lainnya
  8. Gangguan pencernaan. Seringkali gejala ini dikatikan dengan penyakit maag. Padahal gangguan pencernaan yang terjadi diakibatkan oleh sumbatan lemak di pembuluh darah jantung yang juga dapat terjadi di area perut.
Cara dan Tips Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

1.    Melakukan Aktivitas Olahraga secara Teratur

Cara pertama agar Anda senantiasa terhindar dari penyakit jantung yaitu dengan rutin melakukan aktivitas berolahraga. Tentu Anda semua sudah mengetahui bahwa aktivitas yang satu ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk melancarkan peredaran darah.
Untuk berolahraga, Anda tidak harus melakukan jenis-jenis aktivitas yang terlalu berat. Cukup dengan jogging atau berjalan kaki secara rutin, maka kinerja jantung akan menjadi lebih optimal dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh juga berjalan lancar.

2.    Hindari Konsumsi Daging Merah

Anda sangat suka makan daging merah setiap hari? Sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya daging merah mengandung tinggi kolesterol yang dapat menyumbat perederan darah, terutama di bagian pembuluh darah arteri.
Kondisi itulah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan dapat membuat seseorang meninggal hanya dengan hitungan menit.
Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsi daging merah. Karena kebutuhan tubuh akan makanan tersebut hanya sebesar 4 ons untuk setiap minggunya.
Ganti daging merah dengan jenis makanan lainnya, seperti putih telur atau ikan laut. Anda juga bisa memakan daging merah yang didampingi dengan ketela atau kentang. Kandungan serat pada makanan tersebut dapat menetralisir lemak jahat dalam daging merah.
Jadi, dengan mengurangi konsumsi daging merah, sama halnya Anda telah melakukan usaha tepat agar terhindar dari penyakit jantung.

3.    Menghindari Berat Badan Berlebihan

Apabila Anda saat ini memiliki berat badan berlebih, sebaiknya segera memulai program diet sehat. Karena penumpukan lemak yang berlebih dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung.
Pasalnya, lemak berlebih di dalam tubuh juga dapat menghalangi kelancaran sistem peredaran darah. Lemak yang menggumpal dan menyumbat pembuluh darah tentu dapat menjadi salah satu pemicu utama terjadinya penyakit jantung hingga stroke.
Oleh sebab itu, agar terhindar dari penyakit jantung, sebaiknya Anda bisa mengatur pola makan yang sehat, baik dalam hal frekuensi, porsi, dan jenis makanan yang dikonsumsi.
Adapun cara menghitung berat badan ideal yaitu menggunakan Indeks Masa Tubuh atau BMI dengan klasifikasi 24,9 adalah normal dan lebih dari 30 berarti dalam kategori obesitas. Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan penanganan yang tepat.

4.    Menjaga Kesehatan Gigi
Siapa yang menyangka bahwa kesehatan gigi ternyata dapat membuat jantung mengalami masalah? Ya, dengan menjaga kesehatan gigi ternyata Anda juga sekaligus dapat terhindar dari penyakit jantung.
Gigi yang tidak terawat dan adanya suatu infeksi pada gusi ternyata dapat memicu terjadinya inflamasi di dalam pembuluh darah. Kondisi tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian dan ternyata dapat menimbulkan dampak penyakit kardiovaskuler.

5.    Menghindari Stress

Stress berlebihan dan masalah emosional lainnya dapat memicu tubuh untuk menghasilkan cortisol yaitu salah satu hormon yang membuat pembuluh darah kaku.
Selain itu, hormon norepinephrine juga akan dihasilkan oleh tubuh ketika seseorang mengalami stress. Dan hal tersebut akan merangsang naiknya tekanan darah.
Tekanan darah yang tinggi tentu sangat erat hubungannya dengan permasalahan penyakit jantung. Oleh sebab itu, dimana Anda berada dan apapun hal yangs edang dihadapi, sebaiknya tidak Anda pikirkan dengan berlebihan sehingga dapat membuat stress.
Jalani setiap masalah yang ada dengan tenang dan tersenyum agar gangguan emosional seperti stress dapat Anda hindari.


6.    Stop Konsumsi Rokok dan Minuman Alkohol

Mungkin sebagian besar pemeluk agama Islam sudah memahami bahwa alkohol adalah jenis minuman yang sangat haram untuk dikonsumsi. Selain itu, konsumsi alkohol juga tidak akan memberikan dampak yang positif pada tubuh.
Salah satu dampak yang akan terjadi jika seseorang mengkonsumsi alkohol adalah penyakit jantung. Tak hanya alkohol, rokok juga menjadi pemicu utama seseorang dapat terserang penyakit jantung.
Jadi, apabila Anda ingin terhindar dari penyakit jantung sebaiknya segera menghentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga rokok yang tentunya juga dapat mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya.

7.    Mengatur Pola Istirahat

Melakukan aktivitas secara terus menerus tanpa diimbangi dengan istirahat yang teratur dan seimbang tentunya dapat membuat kondisi tubuh lemah dan juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung.
Mengimbangi rutinitas sehari-hari dengan cara beristirahat tentunya dapat membuat detak jantung menjadi lebih stabil dan bekerja dengan normal.

8.    Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Agar terhindar dari penyakit jantung, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 250 gram setiap harinya. Selain membuat jantung menjadi lebih sehat, makanan yang satu ini dapat melindungi Anda dari resiko peningkatan kadar kolesterol dan juga peradangan.

9.    Buah Strawberry

Buah strawberry juga menjadi salah satu makanan sehat yang memiliki kandungan zat anti radang seingga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Selain itu, konsumsi buah strawberry juga dapat melindungi Anda dari serangan penyakit kanker mematikan.


10.    Daun Sukun

Daun sukun memiliki kandungan sitosterol dan flavonoid yang mampu membuat kondisi jantung senantiasa dalam keadaan sehat serta peredaran darah dapat berjalan lebih optimal.
Tips terhidar dari penyakit jantung menggunakan daun sukun yaitu dengan cara merebusnya ke dalam 5 gelas air. Pilih daun sukun yang sudah tua dan siapkan sebanyak 1 lembar saja.
Panaskan air yang berisi daun sukun hingga mendidih dan air hanya tersisi setengah bagiannya saja. Saring dan minum ramuan dari daun sukun tersebut hingga habis dalam sehari. Cara terhindar dari penyakit jantung dengan konsumsi daun sukun ini dapat dilakukan selama satu minggu.

Demikian di atas, tips dan cara agar terhindar dari penyakit jantung yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat buat pembaca semua .

Sumber :
deherba.com
penyembuhanpenyakitjantung.org
smartdetoxid.com
manfaat.co
caramencegahpenyakitjantung.com


EmoticonEmoticon