Thursday, April 20, 2017

7 Manfaat Renang Bagi Tubuh



Manfaat Renang Bagi Tubuh


7 Manfaat Renang Bagi Tubuh

Manfaat Renang Bagi Tubuh
Manfaat Renang Bagi Tubuh


Dunia-Sehat.com. Manfaat renang bagi tubuh - Renang memang menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan dan juga memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Renang bahkan menjadi olahraga fisik yang jarang sekali membuat cedera. Renang pun bisa dilakukan oleh berbagai kalangan umur, mulai dari bayi hingga orang tua. ibu hamil pun sangat dianjurkan untuk menekuni olahraga ini. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat renang bagi tubuh? Berikut jawabannya.

1. Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot


Olahraga renang tentunya membutuhkan koordinasi gerak dari kaki, badan, dan tangan. Perenang harus aktif menggerakan tubuh, terutama tangan dan kaki agar bisa terus mengapung di permukaan. Oleh karena itulah, latihan fisik ini bagus untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot di tubuh Anda.



Baca Juga :  Banyaknya Manfaat Buah Alpukat Untuk Kita Semua

Selain itu, seorang perenang akan mendorong tubuh mereka di dalam air yang massa jenisnya 12 kali lebih berat daripada udara. Tentunya energi yang mereka keluarkan sangat besar. Pembakaran energi inilah yang menyebabkan otot bekerja lebih maksimal.

2. Meningkatkan Kelenturan Tubuh


Manfaat renang bagi tubuh yang kedua adalah membentuk kelenturan. Olahraga renang tidak membatasi gerak salah satu bagian tubuh seperti peralatan fitness yang tersedia di arena gym. Renang justru menempatkan tubuh melalui berbagai gerakan sendi yang fleksibel.

3. Menyehatkan Jantung


Renang adalah salah satu latihan aerobik yang mengandalkan gerakan aktif dari seluruh anggota badan. Aerobik sendiri memang adalah olahraga yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya berfungsi untuk emmebsarkan jantung, namun renang juga dapat memperlancar sirkulasi darah ke jantung. Selain itu, renang juga mampu memicu kerja jantung yang lebih optimal.

American Health Association mengungkapkan bawah melakukan olahraga renang selama 30 enit perhari dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner pada wanita 30 – 40 persen.

4. Mengontrol Berat Badan


Bagi Anda yang tengah melakukan diet, maka renang adalah olahraga yang patut dilakukan. Manfaat renang bagi tubuh adalah mampu membakar kalori yang jauh lebih besar dibandingkan jika Anda tidak berolahraga.

Jika Anda rutin berenang gaya dada selama 10 menit maka akan membakar 60 kalori, gaya punggung sebanyak 80 kalori, gaya bebas 100 kalori, dan gaya kupu-kupu sebesar 150 kalori.

Untuk lebih meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, Anda dapat melakukan latihan renang dengan interval tertentu. Misalnya berenang dulu sekuat tenaga sepanjang 50 meter kemudian istirahat selama 10 detik. Lanjutkan dengan 100 meter kemudian kembali istrirahat 10 detik dan berenang kembali sejauh 150 meter.

5. Mengurangi Asma


Manfaat renang bagi tubuh lainnya yang juga mengagumkan adalah mengurangi gejala asma. Penelitian telah menyebutkan bahwa berenang ternyata dapat menyembuhkan berbagai masalah penyakit pernafasan seperti mendengkur, sesak nafas, asma, dan sebagainya.

6. Menyehatkan Ibu Hamil dan Janin


Manfaat renang bagi tubuh ternyata juga bisa dialamioleh ibu hamil. Renang sangat bermanfaat bukan hanya bagi sang ibu, namun juga bagi janin yang tengah dikandung.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Bayam Untuk Siapapun

Renang ternyata dapat menghilangkan rasa mual, memperlancar sirkulasi darah mulai dari kaki hingga kepala, serta membantu tidur lebih nyenyak bagi para ibu hamil. Renang juga bisa melatih kekuatan otot panggul yang akan membantu ibu hamil saat menjalani persalinan. Selain itu, renang ternyata juga bermanfaat untuk membantu perkembangan positif janin.

7. Bermanfaat Bagi Kejiwaan


Selain semua manfaat fisik di atas, ternyata manfaat renang juga dapat bermanfaat bagi kesehatan rohani/psikis kita. Setelah otot-otot  tubuh bergerak aktif saat berenang, tubuh akan mengalami sensasi rileks. Semua beban yang dialami oleh pikiran pun akan hilang dengan kondisi tubuh yang rileks dan pikiran yang kembali fresh.

Nah, ternayata banyak sekali kan manfaat renang bagi tubuh? Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk selalu rutin melakukan olahraga ini.


EmoticonEmoticon