Saturday, April 15, 2017

Inilah 10 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan


Inilah 10 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan


Dunia-Sehat.com. Okra adalah jenis tanaman dengan bunga abadi dan termasuk golongan tanaman genus hibiscus yang merupakan keluarga Malvaceae (kapas-kapasan). Okra dikenal juga pula dengan sebutan jari wanita atau barnia.

Manfaat sayur Okra
Inilah 10 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan


Tanaman yang hidup di iklim tropis dan hangat ini merupakan tanaman yang menghasilkan serat. Tahukah Anda, bahwa okra memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan. Berikut telah kami rangkum manfaat sayur okra untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan


1. Membantu menurunkan berat badan


Okra (bamia) merupakan salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Tahukah Anda, bahwa dalam 100 gram okra mengandung 30 kalori. Tanaman ini tidak mengandung lemak jenuh (kolesterol). Okra merupakan makanan yang kaya serat, mineral, serta vitamin. Okra sangat direkomendasikan sebagai sumber makanan untuk membantu mengontrol kolesterol maupun program penurunan berat badan atau diet.

2. Dapat Membantu Mencegah Sembelit


Selain menurunkan berat badan, manfaat sayur okra yakni untuk mencegah sembelit. Okra mengandung zat lendir yang bermanfaat untuk membantu peristaltik kelancaran makanan untuk dicerna dalam usus. Sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

Baca Juga : Khasiat, Manfaat, dan Efek Samping Lidah Buaya

3. Membantu Melindungi Paru-Paru


Okra juga banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu kandungan sayur okra adalah senyawa flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan, misalnya beta-karoten, lutein, serta xanthin yang berguna untuk membantu menjaga dan melindungi paru-paru.

4. Menjaga Kesehatan Mata Dan Kulit


Manfaat sayur okra selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata dan kulit. Okra dipercaya mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata. Bahkan selaput lendir yang terdapat dalam sayur okra juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Mencegah Kanker Rongga Mulut


Okra mengandung antioksidan yang merupakan salah satu senyawa yang berfungsi  mencegah kanker rongga mulut.

6. Resiko Catat pada Janin


Okra mengandung folat yang bermanfaat bagi wanita hamil untuk membantu menurunkan resiko cacat janin dalam kandungan. 

7. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Okra juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, melindungi tubuh dari radikal bebas, serta mengurangi batuk. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayuran okra sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.


Selain itu, zat besi yang terkandung dalam okra dapat membantu mengatur molekul hemoglobin dalam tubuh. Sel darah merah ini bertugas untuk mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi inilah juga membantu proses metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh. 

8. Memperkuat Tulang dan Gigi


Manfaat sayur okra berikutnya adalah untuk memperkuat tulang dan gigi. Karena dalam sayur Okra terkandung vitamin K yang lumayan tinggi. Kandungan ini berfungsi sebagai enzim dalam pembekuan darah yang diperlukan untuk memperkuat tulang serta gigi.

9. Menjaga Keseimbangan Tubuh


Selain mengandung vitamin K, Okra juga mengandung vitamin B kompleks (niacin), B-6 (pyridoxine), asam pantotenat, serta thiamin. Kandungan vitamin tersebut sangat diperlukan tubuh dalam menjaga keseimbangan.

Kekurangan vitamin B kompleks dapat berakibat ketidakseimbangan tubuh, seperti kekurangan energi, menurunkan kesehatan sistem saraf, pencernakan buruk, serta kadar kolesterol tidak sehat. 

10. Membantu Metabolisme Energi


Okra mengandung mangaan serta magnesium yang berguna bagi tubuh. Kandungan mangaan ini berfungsi untuk pembentukan jaringan ikat serta tulang, sistesis ureum, dan mencegah terjadinya peroksidasi lemak karena radikal bebas. Sementara kandungan magnesium berfungsi untuk katalisator terhadap reaksi-reaksi biologi dalam tubuh. Kedua senyawa tersebut sanagat penting dalam proses pengontrolan metabolisme energi.

Itulah beberapa manfaat sayur okra untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon