Sunday, April 30, 2017

Obat Mencret Dewasa Paling Ampuh

Obat Mencret Dewasa Paling Ampuh


Dunia-Sehat.com. Obat Mencret Dewasa – Mencret adalah salah satu gangguan kesehatan yang ditandai adanya veses yang encer, dan frekuensi BAB yang sering dibandingkan kondisi normal. Sakit diare atau mencret memang menjadi hal yang sangat menyebalkan dan tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Gangguan ini umumnya terjadi karena makanan yang tercemar oleh bakteri, virus, ataupun parasit. Biasanya mencret hanya berlangsung beberapa hari, namun pada kasus tertentu, mencret juga terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Obat Mencret Dewasa Paling Ampuh
Obat Mencret Dewasa Paling Ampuh


Apabila tidak segera diobati, maka dapat mengakibatkan dehidrasi, yang dapat berujung pada kematian. Gejala dehidrasi ditandai dengan tanda-tanda mual, kepala pusing, hilangnya nafsu makan, pening, dan kekurangan tenaga. Gejala lain yang lebih parah yaitu mata cekung, jantung berdebar, lidah kering, dan otot kram.

Artikel kali ini akan membahas mengenai obat mencret dewasa yang paling ampuh untuk menghentikan mencret. Tentunya obat mencret dewasa ini bukan sembarangan obat yang di dapat di toko-toko obat, namun berdasarkan anjuran dan resep dokter. Apa sajakah obat mencret dewasa yang paling ampuh? Yuk, simak ulasan berikut ini:

Obat Mencret Dewasa Paling Ampuh


1.Loperamide


Obat mencret dewasa yang pertama adalah Loperamide. Obat ini tersaji dalam bentuk kapsul atau tablet. Loperamide diresepkan oleh dokter sebagai obat untuk mengatasi diare atau mencret akut. Obat ini hanya dapat dikonsumsi untuk usia 12 tahun ke atas.

Loperamide bereaksi untuk memperlambat proses yang terjadi dalam usus besar, sehingga makanan akan bertahan lebih lama dalam usus besar. Hal ini akan membuat usus banyak menyerap air sehingga veses menjadi padat.


Baca Juga :  Cara Cepat Turunkan Panas Anak

Untuk dosis pemakaiannya tergantung pada tingkat keparahan mencret yang diderita. Namun secara umum, Anda dapat mengonsumsi Loperamide 4 mg untuk pertama konsumsi, dan setelahnya 2 mg setelah selesai BAB.  Untuk dosis maksimalnya yaitu 12 mg per 12 jam. Obat ini tidak disarankan dikonsumsi untuk wanita hamil dan menyusui, penderita gangguan hati, serta gangguan pencernaan lain yang kronis.

2.Norit


Norit merupakan obat yang berasal dari tumbukan karbon yang aktif. Penggunaan obat ini sangat aman bagi orang dewasa maupun anak-anak. Norit memiliki daya serap yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk mengatasi permasalahan perut termasuk diare hingga keracunan makanan.

Selain mengatasi diare atau mencret, Norit juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, gangguan lambung, mual karena alkohol, serta keracunan makanan.

3.Oralit


Oralit juga menjadi salah satu obat mencret dewasa yang disarankan dokter. Anda dapat mengonsumsi oralit satu sachet setiap kali setelah BAB. Oralit memang bukanlah obat untuk mengatasi mencret secara sempurna, namun oralit dapat membantu mengembalikan cairan tubuh akibat mencret yang menyebabkan dehidrasi.

4.New Diatabs


Obat mencret dewasa yang terakhir adalah new diabetes. Obat ini bereaksi untuk menyerap cairan radang sehingga memperbaiki konsistensi tinja. Selain itu, new diabats juga dapat digunakan untuk mengatasi simtomatik diare atau mencret non-spesifik.

Kandungan activated attapulgite dalam new diabats dapat berfungsi untuk mengabsorpsi racun maupun bakteri, serta enterovirus yang mengakibatkan mencret atau diare. Dengan mengonsumsi obat ini, maka bisa memperbaiki tinja menjadi lebih padat.

Baca Juga : Inilah Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

Untuk dosis pemakaiannya, dewasa di atas 12 tahun dapat mengonsumsi 2 tablet setelah BAB. Maksimal pemakaiannya yaitu 12 tablet per 24 jam. Sedangkan untuk anak-anak antara 6 – 12 tahun dapat mengonsumsi 1 tablet setelah BAB. Maksimal pemakaiannya yaitu 6 tablet per 24 jam.

Obat ini tidak diperbolehkan pada penderita penyakit tertentu seperti obstruksi saluran pencernaan, gangguan fungsi ginjal, pembesaran prostat, hingga asma bronchial.

Itulah beberapa obat mencret dewasa yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sakit diare. Pastikan Anda mengonsumsi sesuai dengan anjuran dokter dan sesuai dosis pemakaian. Apabila sakit berlanjut, maka segeralah berkonsultasi ke dokter.


EmoticonEmoticon