Wednesday, April 26, 2017

Tahukah Anda, Asam Mefenamat Obat Apa?

Tahukah Anda, Asam Mefenamat Obat Apa?


Dunia-Sehat.com. Pernah mendengar istilah asam mefenamat? Anda tahu asam mafenamat obat apa? Nah pada ulasan kali ini, kami akan bahas mengenai asam mefenamat. Bagi Anda yang belum memahami asam mefenamat ini obat apa, maka simak baik-baik ulasan di bawah ini.


Tahukah Anda, Asam Mefenamat Obat Apa?
Asam Mefenamat Obat Apa?

Pengertian Asam Mefenamat


Asam mefenamat obat apa? Asam mefenamat merupakan jenis obat anti inflasi non-steroid. Asam mefenamat berguna untuk membantu meredakan sakit ringan dan mengurangi inflamasi atau peradangan. Beberapa sakit akibat adanya inflamasi seperti nyeri menstruasi, arthritis, hingga nyeri setelah operasi. Bahkan asam mefanamat digunakan untuk mengatasi pendarahan parah yang terjadi ketika menstruasi.

Fungsi Asam Mefenamat


Apa fungsi asam mefenamat? Asam Obat ini memiliki fungsi untuk menghambat enzim pemproduksi prostaglandin. Senyawa inilah yang dilepaskan tubuh sehingga menyebabkan timbulnya rasa sakit serta inflamasi. Reaksi asam mefenamat dalam menghalangi produksi prostaglandin, akan mengurangi rasa sakit yang terjadi.

Baca Juga :  Obat Mujarab, Pengertian dan Gejala Kanker

Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa di atas 12 tahun. Asam mefenamat dapat berbentuk kapsul, tablet,maupun cair. Tentu penggunaannya harus berdasarkan resep dokter.

Peringatan Penggunaan Obat Asam Mefenamat


Obat ini termasuk obat keras yang tidak boleh digunakan sembarangan. Oleh sebab itu, gunakan sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Untuk itu perhatikan penggunaan obat asam mefenamat sebagai berikut:

  • Untuk wanita hamil serta menyusui, konsumsi obat ini sesuai dengan resep dokter.
  • Tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki rencana hamil. Karena obat ini mengurangi tingkat kesuburan Anda.
  • Waspadai penggunaan obat ini untuk usia di atas 65 tahun. Lebih baik konsultasika pada dokter terlebih dahulu.
  • Konsumsilah asam mefenamat setelah makan ataupun dengan menggunakan camilan.
  • Hindari konsumsi obat ini saat Anda akan mengemudi ataupun mengoperasikan alat berat. Karena obat ini memiliki efek samping menimbulkan rasa kantuk.
  • Tidak disarankan pada penderita tukak lambung, asma, inflamasi usus, edema, anemia, serta alergi pada obat anti inflamasi non-steroid seperti aspirin dan ibuprofen, epelipsi, lupus, hipertensi, gangguan penggumpalan darah, gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan hati, pofiria, ataupun pernah mengalami operasi jantung.
  • Apabila terjadi alergi maupun overdosis segera konsultasikan ke dokter.

Dosis Penggunaan


Konsumsilah obat asam mefenamat sesuai dosis yang berlaku, yaitu:

  • 500 mg untuk 3 konsumsi 3 kali sehari.
  • Dosis tergantung tingkat keparahan rasa sakit yang diderita.
  • Untuk penderita di atas 65 tahun, sebaiknya berdasarkan pengawasan dokter.

Konsumsilah obat mefanamat sesuai anjuran dan resep dokter, serta sesuai aturan pakai yang benar. Pasien yang mengonsumsi obat ini tidak dianjurkan merokok maupun mengonsumsi minuman beralkohol.

Bagi Anda yang menggunakan obat ini untuk mengatasi nyeri mentruasi, dokter biasanya menyarankan pasiennya untuk mengonsumsi obat ini 2 – 3 hari saat menstruasi pertama.

Pastikan bahwa Anda mengonsumsi obat ini dengan jangka waktu yang cukup antara konsumsi pertama dengan konsumsi obat selanjutnya.

Efek Samping Obat Asam Mefenamat


Selain memiliki fungsi meredakan rasa sakit, obat ini juga memiliki efek samping yang ditimbulkan yaitu:

  • Nyeri pada ulu hati
  • Timbul gangguan pencernaan
  • Nafsu makan berkurang
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Lelah dan Kantuk

Bahkan efek samping parahnya ialah mengalami sariawan, tinja berwarna hitam, berdarah, diare, hingga muntah darah.

Baca Juga :  Khasiat, Manfaat, dan Efek Samping Lidah Buaya 

Itulah beberapa hal mengenai asam mefenamat. Sekarang Anda sudah tahu kan asam mefenamat obat apa? Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan obat asam mefenamat.


EmoticonEmoticon