Tuesday, April 18, 2017

Tips Kecantikan Alami: Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah

Tips Kecantikan Alami: Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah


Dunia-Sehat.com. Ada berbagai macam jeruk di dunia ini, salah satunya adalah lemon. Buah lemon ini memang memiliki rasa yang jauh lebih asam dibandingkan dengan jeruk biasa. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memilih menggunakan buah lemon ini sebagai minuman ataupun campuran jus.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah
Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah


Namun, siapa sangka dengan kandungan vitamin C dan mineralnya yang tinggi, Anda dapat mengambil manfaat lain dari jeruk lemon selain sebagai minuman menyehatkan. Salah satunya untuk kecantikan wajah.

Lantas, apa saja manfaat jeruk lemon untuk wajah tersebut, dan bagaimana cara penggunaanya?

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah Secara Alami dan Sehat


Ada berbagai macam jeruk di dunia ini, salah satunya adalah lemon. Buah lemon ini memang memiliki rasa yang jauh lebih asam dibandingkan dengan jeruk biasa. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memilih menggunakan buah lemon ini sebagai minuman ataupun campuran jus. 


Namun, siapa sangka dengan kandungan vitamin C dan mineralnya yang tinggi, Anda dapat mengambil manfaat lain dari jeruk lemon selain sebagai minuman menyehatkan. Salah satunya untuk kecantikan wajah.

Lantas, apa saja manfaat jeruk lemon untuk wajah tersebut, dan bagaimana cara penggunaanya?

1.Mencerahkan Wajah


Manfaat jeruk lemon untuk wajah yang pertama ialah sebagai pencerah wajah. Bahkan ada beberapa produk kecantikan yang menggunakan jeruk lemon ini sebagai komposisi utama. Efek mencerahkan wajah yang terkandung dalam jeruk lemon didapatkan melalui kandungan vitamin C dan B nya yang sangat tinggi. 

Untuk mencerahkan wajah, Anda dapat  memanfaatkan lemon sebagai masker. Caranya pun cukup mudah. Campurkan air perasan jeruk lemon dengan 2 sendok makan madu, kemudian aduk hingga rata. Setelah itu oleskan campuran tersebut ke wajah dan tunggu sekitar 15 menit agar meresap. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air dingin. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini 1 kali seminggu secara rutin. 

2.Obat Jerawat


Bagi Anda yang memiliki permasalahan jerawat membandel di wajah, mulai sekarang cobalah menggunakan jeruk lemon sebagai obatnya. Manfaat jeruk lemon untuk wajah, sudah terkenal sejak lama dan telah dipercaya turun temurun oleh nenek moyang kita.

Kandungan vitamin C pada lemon mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta menyembuhkan peradangan yang timbul karena jerawat. Caranya pun cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan madu atau susu ke wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilaslah dengan air dingin hingga bersih. 

3.Mengontrol Minyak di Wajah


Kelenjar sebum di wajah bagi sebagian besar orang memang cenderung lebih aktif mengeluarkan minyak hingga berlebih. Akibatnya wajah jadi dipenuhi oleh minyak dan terlihat kusam. Namun, saat ini Anda dapat memanfaatkan jeruk lemon untuk mengurangi minyak tersebut. 

Kandungan asam dalam buah lemon mampu meluruhkan minyak di wajah dan mencegah kelenjar sebum mengeluarkan banyak cairan pelembab alami. Cara mengurangi minyak di wajah dengan lemon juga cukup mudah. Anda tinggal menyiapkan 1 buah leom kemudian belah menjadi 2. Setelah itu, gosokkan 1 bagian lemon itu ke seluruh wajah. Diamkan wajah selama 15 menit, dan kemudian baru Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil terbaik. 

4.Menghilangkan Komedo


Komedo dapat muncul di wajah akibat adanya penyumbatan pori-pori oleh debu, kotoran, dan minyak berlebih. Komedo sendiri kemudian dapat menjadi black head ataupun white head yang sangat mengganggu penampilan Anda. Manfaat jeruk lemon pada wajah lainnya ternyata juga dapat menghilangkan komedo. 


Kandungan vitamin dan mineral dalam buah jeruk lemon dikenal mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari dalam pori-pori wajah. Anda cukup menyiapkan masker lemon dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah lemon dan peras airnya. 
  • Siapkan kapas bersih, kemudian celupkan ke dalam air perasan lemon.
  • Tempelkan kapas tersebut ke area wajah yang ada komedonya. 
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit. 
  • Kemudian bilas wajah dengan air dingin atau air es untuk menutup pori-pori. 


5.Menangkal Penuaan Dini


Jika Anda ingin tetap menjaga kesehatan kulit wajah dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, maka lemon adalah salah satu solusi yang tepat. Kandungan vitamin C dan B pada buah lemon mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. 

Anda cukup rutin mengonsumsi 1 buah lemon setiap hari sebagai minuman hangat. Lakukan ini secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal. Konsumsi lemon juga dapat menghindarkan kita dari resiko kanker. 

Itulah sekelumit manfaat jeruk lemon untuk wajah yang tentunya penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon