Tuesday, August 22, 2017

Cataflam Obat Sakit Gigi Yang Cocok

Cataflam Obat Sakit Gigi Yang Cocok


Dunia-sehat.com. Cataflam obat sakit gigi - Anda sering mengalami sakit gigi? Pastinya sangat menyebalkan bukan? Siapapun pasti begitu tersiksa saat mengalami sakit ini. Jangankan untuk beraktifitas, dibuat  berbicara, dan makan saja sangat susah.

Namun tenang, semua penyakit pasti ada obatnya, tentunya sakit gigi juga. Dan salah satu obat yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi adalah cataflam.

Cataflam Obat Sakit Gigi Yang Cocok
Cataflam Obat Sakit Gigi Yang Cocok


Cataflam Obat Sakit Gigi yang Ampuh 


Obat ini merupakan salah satu merek dari diclofenat. Cataflam termasuk jenis obat analgesik yang berfungsi mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Dan ada 2 jenis obat dari diclofenat ini, yaitu natrium diclofenat dan kalium diclofenat. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut

1.    Kalium Diclofenat

Obat sakit gigi yang satu ini bekerja lebih cepat dibandingkan sodium diclofenat. Biasanya, obat ini menjadi pilihan utama banyak orang karena reaksinya yang begitu cepat terhadap tubuh.

2.    Sodium Diclofenat


Obat ini bekerja lebih lambat dari kalium diclofenat, baru bekerja setelah 10-30 menit dikonsumsi. Sehingga, jarang yang memilih obat ini sebagai obat sakit gigi karena cukup lama bereaksi pada tubuh.


Baca Juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Di Apotik

Cataflam obat sakit gigi bekerja dengan cara menghambat COX-1 dan COX-2 yang merupakan penyebab dari rasa nyeri. Obat sakit gigi ini dapat mengurangi nyeri pada:

1.    Nyeri sendi rematik;
2.    Nyeri punggung
3.    Nyeri menstruasi
4.    Nyeri perut akut
5.    Migrain

Cataflam obat sakit gigi tidak disarankan untuk:

1.    Alergi terhadap diclofenat
2.    Menderita tekanan pada sumsum tulang belakang
3.    Pasien yang mempunyai riwayat bypass pada jantung

Kegunaan Cataflam


Untuk membantu mengurangi nyeri, radang, nyeri haid, hingga nyeri ringan sampai sedang setelah operasi. Obat ini juga digunakan meredakan nyeri ketika pasien mengalami peradangan. Selain itu cataflam obat sakit gigi ini bisa mengobati rasa nyeri yang parah, contohnya pada penderita kanker.

Efek Samping Cataflam Obat Sakit Gigi


Cataflam sebagai obat sakit gigi juga memiliki beberapa efek samping. Diantaranya adalah nyeri perut seperti sakit maag. Oleh karena itu, cataflam sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Sebelum memberikan resep pada pasien, ada baiknya untuk tahu pasien punya riwayat sakit maag atau tidak.

Beberapa efek samping penggunaan cataflam antara lain: konstipasi, diare, pusing, mual, muntah, asma, mimisan, gatal pada kulit (kemerahan pada kulit). Pada ibu hamil, cataflam tidak berefek apapun. Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada efek yang merugikan bagi janin oibu hamil ketika mereka mengonsumsi obat ini.



 Baca Juga :  Simak Manfaat Pasta Gigi untuk Wajah yang Sebaiknya Anda Tahu

Cataflam juga dapat mengakibatkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping yang berkaitan dengan kesehatan mental, seperti: depresi, cemas, mudah marah.

Obat ini juga dapat menyebabkan luteinized sindrom folikel, yakni sindrom yang mencegah terjadinya ovulasi. So, obat ini dapat mengakibatkan kemandulan yang sifatnya temporer pada wanita. Khusunya, ketika mengonsumsi cataflam dalam jangka panjang.

Dosis Penggunaan Cataflam


Untuk penggunaan obat ini sebaiknya dikonsumsi 3 kali dalam sehari. Sedangkan penggunaan untuk anak-anak, hingga kini belum ada rekomendasi jelas mengenai dosis dan efeksampingnya.

Dewasa awal,         : 100-150 mg sehari dalam 2-3 dosis
Pengobatan nyeri    : 150 mg/ hari
Rheumatoid arthritis    : 225 mg/ hari
Spondilitis anklosa    : 125 mg/ hari

Cara Kerja Cataflam 


Cara kerja obat sakit gigi ini adalah menghambat sintesis prostaglandin. Obat ini sangat cocok untuk meredakan sakit gigi. Merek yang paling dikenal adalah cataflam dengan dosis 25 mg, 50 mg berbentuk powder. Obat ini menghambat enzim sikloosigenase (COX). Ketika enzim ini terhalangi, prostaglandin yang diproduksi menjadi sedikit, dan rasa sakit berkurang. Oya, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan dan harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu.



EmoticonEmoticon