Thursday, August 24, 2017

Obat Mual Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Ketahui Obat Mual Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Dunia-sehat.com. Pada trimerster pertama kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami gejala morning sick dan ditandai dengan rasa mual berlebihan. Kondisi ini sebenarnya adalah respon yang wajar dari tubuh, karena perubahan hormon yang mendadak saat kehamilan.

Obat Mual Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi
Obat Mual Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi


Namun, rasa mual yang bisa datang tiba-tiba atau saat mencium sesuatu dan bahkan saat melihat sesuatu pastinya sangat mengganggu Anda. Rasa mual ini harus diatasi dengan obat mual untuk ibu hamil. Obat ini akan mampu mengatasi rasa mual Anda, namun tetap aman bagi ibu maupun janin yang sedang dikandung.

1.    Metoclopramide

Obat mual untuk ibu hamil yang pertama adalah metoclopramide. Obat ini dipercaya aman bagi ibu hamil. Metoclopramide merupakan obat yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Obat mual untuk ibu hamil ini bisa diminum 2 sampai 3 kali sehari sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.


 Baca Juga : Memilih Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Ampuh

Meskipun begitu, obat ini memiliki efek samping seperti mengantuk, gemetar, cemas, hingga stres. Jika tanda-tanda tersebut muncul, Anda harus segera menghentikan penggunaannya.

2.    Antihistamin

Antihistamin sebenarnya merupakan obat anti aleergi, namun banyak pula dokter yang meresepkan obat ini untuk mengatasi mual ibu hamil.ada 2 jenis antihistamin yang biasanya digunakan untuk mengatasi mual yaitu Promethajine dan Doksylamine. Obat yang pertama dianjurkan untuk mengatasi mual ibu hamil biasanya adalahjenis Doksylamine. Namun, obat inipun memiliki efek samping menyebabkan kantuk.

3.    Ondasetron

Obat mual untuk ibu hamil yang paling banyak diresepkan oleh dokter adalah Ondasetron. Obat ini diklaim aman bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnyaa. Ondasetron ternyata awalnya dibuat untuk mengobati rasa mual dan muntah bagi pasien kemoterapi. Namun seiring berjalannya waktu, obat ini kemudian digunakan untuk mengatasi mual pada ibu hamil. Efek samping dari obat ini adalah konstipasi dan nyeri kepala.

4.    Domperidon

Domperidon bekerja dengan cara mendorong makanan da minuman yang berada di dalam lambung agar cepat masuk ke dalam usus halus. Dengan begitu, mual dan muntah bisa diatasi. Domperidon bekerja pada syaraf pusat muntah yang berada di otak.

Baca Juga :  Obat Telat Datang Bulan Di Apotik Manjur

Keamanan penggunaan untuk ibu hamil sebenarnya belum teruji. Namun, obat mual untuk ibu hamil ini telah banyak digunakan dan belum ada efek samping pada ibu ataupun janin yang dilaporkan. Obat ini menjadi pilihan terakhir jika obat-obat lain sudah tidak bisa membantu mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Penggunaannya pun harus dengan pengawasan dokter secara ketat.

5.    Pyridoksone

Pyridoksone bagi orang awam lebih dikenal sebagai vitamin B6. Ternyata vitamin ini adalah obat mual untuk ibu hamil yang paling murah dan efektif serta aman. Obat ini juga tidak akan menimbulakn efek samping berbahaya bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Dosis yang dianjurkan adalah 10 mg. Pyridoksine dapat diminum 4 kali sehari dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

6.    Prochlorperazine

Obat mual untuk ibu hamil ini merupakan golongan obat penotiazine yang telah terbukti aman dan efektif untuk mengurangi mual dan muntah. Obat ini memiliki efek samping dapat menimbulkan rasa kantuk, gelisah, dan tanda-tanda ekstrapiramidal.

7.    Antiemetik

Obat mual untuk ibu hamil ini akan diresepkan oleh dokter jika semua pengobatan yang lain sudah tidak efektif. Obat-obatan jenis antiemetik ini memiliki kandungan senyawa Penotiazin prokhlorperazin dan chlorpromazin yang sudah terbukti mampu mengatasi rasa mual dan muntah apda ibu hamil. Penggunaan obat ini harus dengan pengawasan dokter secara ketat.

Itulah 7 jenis obat mual untuk ibu hamil yang biasanya tersedia di Indonesia. Untuk menghindari berbagai resiko buruk bagi ibu dan janin, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan jenis obat yang tepat.


EmoticonEmoticon