Wednesday, August 16, 2017

Memilih Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Ampuh

Memilih Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Ampuh


Dunia-sehat.com. Obat sakit kepala untuk ibu hamil - Seperti yang kita tahu, perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat menimbulkan berbagai efek. Dan salah satunya yang cukup sering terjadi adalah sakit kepala. Sakit kepala yang dialami ibu hamil pada minggu-minggu pertama kehamilan memang wajar, jadi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi tersebut.

Ada beberapa pemicu sakit kepala yang dialami oleh para ibu hamil. Diantaranya adalah kurang tidur, stress, kelaparan, dehidrasi, gangguan sinus, kelelahan, dan alergi. Ibu hamil yang memiliki riwayat sakit kepala lebih beresiko menderita sakit kepala yang lebih parah saat hamil.


Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Ampuh
Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Ampuh


Sakit kepala pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh morning sickness, yang dapat menimbulkan ketegangan pada otot, sehingga mengakibatkan sakit kepala. Selain itu, tekanan darah yang tidak normal juga dapat menjadi pemicu sakit kepala. Karena saat tekanan darah dalam keadaan tinggi, maka suplai oksgen ke otak, menjadi terhambat, dan karena itulah terjadi keluhan nyeri di kepala.

Lantas, apa obat sakit kepala untuk ibu hamil tersebut?


Nah, berikut adalah daftar nama obat sakit kepala untuk ibu hamil yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.
 

1.    Paracetamol
Obat sakit kepala untuk ibu hamil jenis ini termasuk dalam kategori obat yang ringan. Pastinya hampir semua orang sudah familiar dengan khasiat dari paracetamol ini, yaitu mengurangi rasa nyeri di kepala. Selain itu, paracetamol juga dapat menurunkan demam yang disebabkan oleh infeksi dalam tubuh.

Baca Juga : Obat Panu Paling Ampuh Di Apotik Hilangkan Jamur Kulit

2.    Asam mefenamat
Obat sakit kepala untuk ibu hamil selanjutnya adalah asam mefenamat. Termasuk dalam golongan obat NSAID yang punya efek analgetik atau anti inflamasi. Biasanya, obat ini digunakan untuk meredakan nyeri pasca operasi melahirkan, sekaligus mengobati sakit kepala.

Nah, selain jenis obagt diatas, berikut adalah cara alami yang bisa mengurangi atau mengatasi sakit kepala yang Anda derita.

1.    Hindari stress
Penyebab ibu hamil sering mengalami sakit kepala adalah faktor stress. Adanya perasaan takut karena menjelang proses persalinan atau saat persalinan berlangsung dapat menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk refreshing, pergi berlibur. Ini berguna untuk mengurangi beban pikiran dari ibu hamil. Ketika berlibur, tentunya ibu hamil juga dapat membagi rasa takutnya pada kerabat dan anggota keluarga lainnya. Angoota keluarga juga harus bisa memanage stress pada ibu hamil. Sehingga, akan tercipta suasana yang kondusif bagi kehamilan nantinya.

2.    Minum air gula
Saat ibu hamil mengalami pusing, biasanya orang akan memberikan air gula sebagai obatnya. Ini karena asupan glukosa dalam tubuhnya berkurang. Glukosa dibutuhkan untuk metabolisme syaraf dan sumber energi tubuh. Jadi, ketika Anda sakit kepala, terutama untuk ibu hamil. Segeralah minum air gula untuk mengembalikan asupan glukosa yang berkurang.

3.    Menjaga asupan cairan tubuh
Tubuh yang kekurangan cairan juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil. Saat mengalami sakit kepala, perbanyaklah konsumsi cairan, dengan meminum air putih, jus, dan munuman berelekttolit dan berisotonik. Zat-zat yang terkandung dalam minuman tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan cairan pada ibu hamil. Perlu Anda ketahui, kebutuhan cairan untuk ibu hamil adalah 3 liter per harinya.

4.    Pijat
Obat sakit kepala untuk ibu hamil berikutnya cukup mudah, yaitu dengan pijat. Anda bisa melakukan ini dimana saja dan kapan saja. Cukup dengan memijat bagian kepala yang terasa sakit dengan lembut secara berulanh-ulang hingga rasa sakitnya agak mereda. Anda dapat melakukan cara ini sendiri atau dengan bantuan dari keluarga Anda

Baca Juga : Kenali Sejuta Manfaat Bio Oil untuk Kecantikan

5.    Kompres
Untuk mengobati sakit kepala pada ibu hamil, Anda bisa menggunakan kompres. Cukup kompres dengan handuk yang sudah dibasahi

Itulah diatas beberapa nama obat sakit kepala untuk ibu hamil yang kami rekomendasikan, karena aman untuk dikonsumsi. Nah, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon