Friday, August 25, 2017

Omeprazole Obat Apa Itu?

Omeprazole Obat Apa?


Obat Omeprazole: Fungsi, Dosis Aman dan Efek Sampingnya

Ketika Anda berobat ke dokter dengan berbagai macam keluhan, tentunya setelah memeriksa kondisi Anda, kemudian dokter akan memberikan resep obat untuk ditebus sesuai dengan penyakit yang anda keluhkan tersebut. Nah, dari sekian nama jenis obat yang untuk diminum, salah satunya adalah obat dengan nama Omeprazelo. Nah, penasaran ingin tahu Omeprazole obat apa itu? Berikut simak penjelasan lengkapnya.

Omeprazole Obat Apa
Obat Omeprazole: Fungsi, Dosis Aman dan Efek Sampingnya


Omeprazelo termasuk dalam kelompok obat proton pump inhibitor (PPIs) yaitu berfungsi untuk berfungsi untuk mengatasi masalah perut dan kerongkongan yang disebabkan oleh kelebihan produksi asam lambung.  Obat ini sering diresepkan dokter untuk mengobati masalah pada lambung, seperti nyeri ulu hati (khususnya pada despepsia, maag akut dan tukak lambung).

Di kalangan medis, Omeprazalo sering disingkat dengan obat OMZ. Obat ini juga merupakan antisekresi yang dibuat dari turunan benzimidazole. Omeprazelo bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim H+/K+-ATPase yang terdapat pada permukaan kelenjar sel paretal gastrik dengan pH<4. Enzim ini sendiri merupakan pompa proton (asam) yang ada pada mukosa lambung, Omeprazol akan menghambat pompa pada sama lambung yang bekerja menghambat tahapan akhir pembentukan asam lambung.


 Baca Juga : Cataflam Obat Sakit Gigi Yang Cocok

Fungsi Obat Omeprazelo

Obat Omeprazelo dapat meringankan panas perut, sulit menelan dan batuk berkepanjangan. Fungsi lainnya adalah menyembuhkan kerusakan asam pada perut dan kerongongan, mencegah luka lambung dan mencegah kanker kerongkongan.

Berikut adalah beberapa fungsi atau indikasi dari obat Omeprazole:

  1. Pengobatan jangka pendek untuk penderita tukak duodenal.
  2. Pengobatan jangka pendek untuk penderita tukak lambung
  3. Obat untuk penderita tukak lambung duodenum yang tidak responsif terhadap obat antoganis reseptor H2 seperti ranitidine dan cimetidine.
  4. Mengobati refluks esophagitis erofis/elceratif pada penderita endoskopi (GERD).
Obat Omeprazole ini tidak diperbolehkan untuk pasian yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap komponen Omeprazole. Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap obat atau makanan tertentu,  Anda harus menyampaikan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Dosis Aman Mengonsumsi Obat Omeprazole


Meski Omeprazole tersedia dalam bentuk kapsul dan injeksi, namun yang lebih sering digunakan adalah dalam bentuk kapsul. Dosis yang dianjurkan adalah Omeprazole 20 mg dan 40 mg untuk pasien dewasa, penggunaan yang dianjurkan adalah hanya satu kali dalam sehari.

Berikut adalah rincian dosis Omeprazole:

  1. Penderita tuka duodenal: dosis yang dianjurkan adalah 20 mg sehari dengan masa penyembuhan mencapai 2 minggu.
  2. Penderita tukak lambung: dosis yang dianjurkan adalah 20 mg sehari dengan masa penyembuhan mencapai 4 minggu.
  3. Penderita refluks esophagitis erofis/ulcerative: dosis yang dianjurkan adalah 20 mg sehari dengan masa penyembuhan mencapai 4 minggu.
  4. Penderita tuka lambung dan tuka duodenal (yang sulit disembuhkan dengan pengobatan lain): dosis yang dianjurkan adalah 40 mg sehari dengan masa penyembuhan mencapai 4 minggu untuk tukak duodenal dan 8 minggu untuk tukak lambung.
  5. Penderita sindroma Zollinger Ellison: dosis awal yang dianjurkan adalah 60 mg sehari. Dosis disesuaikan dengan keadaan masing-masing penderita.

Efek Samping Obat Omeprozale

Secara umum, Omeprazole dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Namun demikian tetap saja ada kemungkinan timbulnya efek samping. Efek samping yang terjadi biasanya hanya efek ringan dan bersifat sementara. Misalnya mual, sakit kepala, diare, konstipasi, kembung, kulit kemerahan serta rasa gatal pada kulit.


Baca Juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Di Apotik

Belum ada penjelasana apakah Omeprazole memiliki efek samping atau berbahaya bagi janin. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang hamil atau berencana akan hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Bagi Anda yang sedang menyusui juga sebaiknya meminta saran dokter terlebih dahulu.

Demikianlah informasi terkait obat Omeprazole. Semoga bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat buat Anda.




EmoticonEmoticon