Wednesday, September 20, 2017

Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Khasiatnya

Dunia-Sehat.com. Dalam dunia kuliner tentu tidak asing lagi mengenai bawang putih. Ternyata bwang putih juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan wajah. Akan tetapi apakah anda pernah mendengar mengenai Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat. Hal tersebut mungkin asing di pengetahuan anda, di karenakan bawang putih sendiri memiliki beberapa kandungan yang mampu menghilangkan jerawat.

Pada tubuh kita mempunyai kelenjar sebaceous penyebab timbulnya jerawat. Kelenjar sebaceous memiliki perang penting seperti mensekresi sebum berguna untuk menjaga kulit. Jika normal, sebum ini mampi disekresikan dari dalam kelenjar dan mampu sampai jaringan kulit atas. Akan tetapi, tubuh sering kali mulai mensekresi kelebihan zat dan sel-sel kulit yang sudah mati.

Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat
Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

Sehingga folikel rambut itu sendiri tersumbat. Ketika kulit rambut tersumbat dapat menimbulkan bintik-bintik merah dengan campuran cairan berwarna putih yang sering kita sebut dengan jerawat. Kandungan minyak yang berlebihan, bakteri, kontribusi hormone, alergi terhadap obat atau makanan ataupun factor genetic itu juga dapat menimbulkan jerawat. Simak ulasan atau penjelasan mengenai khasiat bawang putih untuk wajah.

Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat


1. Mampu membersihkan komedo yang ada di wajah

Komedo juga musuh dari para wanita yang ingin memiliki wajah bersih. Dengan bahan yang mudah di dapat seperti bawang ini tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. Tak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut di karenakan bawang putih ini mengandung anti-bakteri serta anti-biotik yang dapat menghilangkan komedo yang terdapat pada pori-pori wajah atau hidung anda.

2. Dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat

Yang biasanya terjadi saat jerawat akan timbul adalah wajah wajah terasa sakit dan perih, terkadang dapat menimbulkan gatal sehingga memerah, hal tersebut yang di sebut dengan peradangan. Zat yang terkandung dalam bawang putih salah satunya adalah anti-inflamasi yang berperan sangat baik untuk mengurangi peradangan jerawat tersebut.

3. Hilangkan noda hitam bekas jerawat

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat yang lain adalah mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kebiasaan seseorang jika memiliki jerawat adalah ingin segera menghilangkan jerawat tersebut dengan metode cara menggencet atau menyentuh jerawat tersebut. Hal tersebut jika di lakukan dapat menimbulkan peradangan pada jerawat dan menimmbulkan bekas yang berwarna hitam. Noda berwarna hitam tersebut tentu sangat mengganggu penampilan anda. Zat anti inflamasi yang terdapat dalam bawang kembali dapat di manfaatkan untuk keperluan menghilangkan bekas jerawat yang berwarna hitam.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

4. Mampu memperkecil jerawat

Terkadang jerawat yang timbul tersebut terlalu besar dan mengganggu penampilan. Dengan bawang putih ini anda dapat mengurangi pembekakan jerawat tersebut. Apalagi jika jerawat yang besar lalu terasa sakit ketika di sentuh, itu sangatlah mengganggu kenyamanan wajah anda bukan. Dengan menjadikannya bawang putih sebagai masker wajah secara rutin ini bisa membantu mengecilkan dan mengempeskan jerawat anda.

5. Bahaya Jerawat jika menggunakan bawang putih

Dengan fungsi sebagai bumbu dapur, beberapa manfaat dan khasiat dari bawang putih. Tentu perlu anda ketahui perihal bahaya bawang putih untuk jerawat. Jika sesuatu di gunakan secara berlebihan tentu ada efek samping yang dapat di timbulkan, sama hal nya dengan bawang putih tersebut. Mari kita bahas mengenai bahayanya bawang putih untuk jerawat.

  • Iritasi kulit dan rasa perih.
  • Rasa panas pada saat di oleskan ke jerawat.
  • Jika terlalu berlebihan akan menimbulkan flek hitam.
  • Menimbulkan peradangan jika di gunakan secara berlebihan.

Cara Menggunakan bawang putih untuk jerawat

Bawang putih cukup mudah kita dapatkan, dengan mudah dan murah. Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat sendiri cukup simple. Tidak perlu biaya yang cukup mahal untuk mengolah bawang putih menjadi bahan untuk menghilangkan jerawat. Mari simak beberapa cara di bawah ini :

Baca Juga : Manfaat Bedak Marcks untuk Atasi Jerawat

  1. Dengan mengiris kecil-kecil bawang putih menjadi beberapa bagian kemudian tempelkan pada jerawat yang timbul pada wajah anda.
  2. Dapat di campurkan dengan cuka dapur untuk di oleskan ke bawang putih lalu di tempelkan ke jerawat.
  3. Menggunakan campuran madu dan yoghurt untuk keperluan menghilangkan jerawat. Dengan membuatnya menjadi masker, caranya hanya aluskan 3 sampai 4 siung bawang putih lalu campurkan dengan madu dan yoghurt. Setelah itu anda gunakan sebagai masker tinggal menunggu sampai kering.
  4. Tambahan bahan lainnya adalah dengan minyak zaitun dan jeruk nipis. Sama halnya dengan cara di atas, haluskan 2 sampai 3 siung bawang putih lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis maupun dengan minyak zaitun (setengah sendok teh saja). Lalu oleskan pada jerawat yang terdapat pada wajah anda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat, kami juga memberikan penjelasan sedikit mengenai khasiat dan bahayanya bawang putih jika di gunakan secara berlebihan. Kami tidak menyarankan anda menggunakan cara yang sudah kami informasikan di atas. Kami hanya memberikan informasi pengetahuan saja. Di karenakan ada beberapa factor juga kulit tidak dapat menerima bahan-bahan alami, terkadang alergi juga dapat timbul menggunakan bahan-bahan di atas.


EmoticonEmoticon