Tuesday, September 26, 2017

Manfaat Ikan Patin Bagi Tubuh dan Kesehatan

Dunia-sehat.com. Ikan Patin ini adalah jenis ikan yang masih berkeluarga dengan Ikan Lele. Ikan patin sama dengan ikan lele yang juga memiliki kumis yang berguna untuk patilnya. Ikan Patin ini termasuk ikan yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Sama halnya dengan ikan-ikan yang lainnya, ikan patin mempunyai rasa yang gurih dan lembut jika di masak dengan benar. Dengan banyaknya yang mengkonsumsi ikan Patin ini, tahukah anda mengenai Manfaat ikan patin untuk keperluan kesehatan atau hal yang lainnya ? Berikut ini beberapa penjelasan informasi dari Manfaat ikan patin :

Manfaat Ikan Patin
Manfaat Ikan Patin

Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh

1. Pencegahan Terhadap Penyakit Kardiovaskular (Berkaitan dengan Jantung)

Daging ikan ini sudah lembut dan gurih,  juga mempunyaki beberapa manfaat. Daging ikan patin mampu membantu dalam pencegahan terjadinya penyakit yang biasanya berhubungan dengan system Jantung. Perihal ini bisa di sebabkan karena lemak tak jenuh yang ada pada daging ikan Patin. Lemak tak jenuh yang ada di dalam ikan patin ini bisa mencapat 50% dari total keseluruhan nilai gizi pada ikan patin.

2. Mengurangi Kolesterol di Tubuh

Untuk seseorang yang memiliki gangguan kolesterol atau tingginya kolesterol dapat mengkonsumsi ikan ini. Lemak jahat kolesterol dapat di hilangkan dengan lemak tak jenu yang terdapat di ikan ini.

3. Mencegah Terkena Jantung Koroner

Penyakit kronis yaitu jantung coroner yang dapat di cegah menggunakan ikan patin. Kandungan lemak tak jenuh lagi-lagi dapat membantu Anda terhindar dari penyakit ini. Hal ini di karenakan lemak tak jenuh sendiri tidak akan mengendapt atau menghambat aliran darah yang ada di dalam pembuluh darah.

4. Membantu pengoptimalan Pertumbuhan si Bayi

Untuk Ibu hamil, ikan ini sangat bermanfaat untuk keperluan pertumbuan bayi atau janin yang ada di dalam atau dalam masa kandungan Anda. Hal ini di karenakan ikan patin juga memiliki kandungan DHA dan Manfaat omega 3 yang sangat banyak. Dari kedua kandungan zat tersebut juga memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Menjaga penormalisasian janin agar tetap normal.
  • Menjaga kesehatan Janin.
  • Memberikan asupan Gizi yang mampu memberikan kesehatan janin.
5. Membantu memberikan pembentukan Otot tubuh

Bagi seorang atlit atau mungkin orang yang sedang diet akan tetapi ingin memiliki otot yang besat dan kuat ada baiknya mengkonsumsi ikan patin ini. Protein yang ada di dalam ikan ini sangat tinggi yang efektif untuk :
  • Memperkuat jaringan otot.
  • Menambah masa atau berat otot.
  • Mengencangnya otot.
  • Menjaga kestabilan tubuh atau daya tahan tubuh.
  • Menambah kekuatan tubuh.
6. Menjaga Kesehatan terhadap Tulang

Tulang maupun duri dari ikan ini mempunyai kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Dengan tingginya kalsium dan fosfor tentu membantu kinerja tulang yang juga membutuhkan fosfor dan kalsium. Kalsium dan fosfor itu juga dapat berguna sebagai :
  • Membantu kesehatan pada tulang maupun gigi.
  • Memperkokoh tulang dan gigi.
  • Mencegah terjadinya osteoporosis.
7. Manfaat Ikan Patin yang lain, mampu mencegah Penyakit seperti Periodontal (Penyakit Gusi)

Periodontal ini sering sekali menyerang gigi dan gusi. Penyakit ini biasanya di sebabkan oleh rusaknya jaringan penyangga yang ada di gigi sehingga gigi sangat mudah goyah. Kurangnya mengkonsumsi kalsium dan fosfor salah satu penyebab timbulnya penyakit ini.

8. Melancarkan Peredaran Darah Pada Tubuh

Darah pada tubuh kita ini harus berjalan dengan lancer, jika tersumbat atau terhalang segala penyakit dapat saja muncul pada tubuh kita. Pembuluh darah mempunyai terowongan untuk jalannya darah tersebut, jika mengalami pengapuran dinding dapat menyebabkan berkumpulnya lemak dan zat berbahaya. Dengan mengkonsumsi ikan patin ini, peredaran darah anda bisa lancer karena ikan ini juga mempunyai manfaat melancarkan peredaran darah.

Itulah beberapa manfaat ikan patin untuk kesehatan yang mungkin belum di ketahui sebagian kecil masyarakat. Dari daging dan tulang dari ikan ini sangat berguna bagi tubuh kita. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan tentang Manfaat ikan patin bagi anda.



EmoticonEmoticon