Saturday, September 9, 2017

Pengetahuan Tentang Apa itu Hepatitis

Dunia-sehat.com. Hepatitis merupakan virus yang dapat menularkan penyakitnya melalui makanan dan minuman yang sudah di pegang atau berkontaminasi. Virus ini tujuan utamanya adalah menyerang organ dalam seperti hati. Tentu Anda tahu, fungsi hati ini adalah penyaring racun yang ada pada darah kita, lalu bagaimana kalau terkena penyakit hepatitis itu ? Tentu saja fungsi penggunakan hati akan berkurang. Lalu, apa itu hepatitis ?

Sebuah pertanyaan yang sering terdengar bagi seseorang yang belum mengetahui penyakit tersebut. Tadi sudah kami beri sedikit informasi mengenai bagaimana penularan hepatitis. Jika fungsi hati berkurang, maka organ dalam dan daya tahan tubuh kita akan melemah, dengan daya tahan tubuh yang melemah segala penyakit baru pun bisa saja menyerang tubuh kita dengan mudah.


Apa itu Hepatitis
Pengetahuan Apa itu Hepatitis


Hepatitis sering juga di sebut penyakit kuning, karena gejala penyakit ini di sertai dengan beberapa gejala mata berubah menjadi kekuningan, kotoran atau tinja juga berubah jadi kekuningan. Ada 5 macam penyakit atau virus hepatitis, yaitu Hepatitis A (VHA), virus Hepatitis B (VHB), penyakit Hepatitis C (VHC), Hepatitis D (VHD), dan virus atau penyakit Hepatitis E (VHE). Namun, penyakit hepatitis yang sering di jumpai adalah Hepatitis A B dan C. Maka di sini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai Hepatitis A B dan C.

Apa itu Hepatitis Tentang Gejalanya

Gejala yang sering terlihat bagi penderita Hepatitis adalah rasa nyeri pada perut bagian kanan, terasa mual-mual, tubuh terasa lemas, panas tinggi dan diare. Gejala fisik yang terjadi pada penyakit ini seperti mata dan kulit terlihat menguning. Akan tetapi penyakit ini sering sekali tidak terlihat bagi anak-anak, dan bagi orang dewasa sendiri di anggap hanya penyakit biasa.

WHO (World Health Organization) sudah melakukan pencatatan sebesar 130-150 juta orang yang ada di seluruh dunia mengidap atau terkena penyakit hepatitis C, dan sekitar 700.000 di antaranya dapat meninggal akibat komplikasi penyakit Hepatitis tersebut.

Apa Itu Hepatitis A

Virus atau penyakit ini di tularkan melalui makanan dan minuman yang sudah tercemar oleh penderita Hepatitis A. Tidak sama dengan penyakit Hepatitis yang lainnya, Hepatitis cenderung penyakit yang masih bisa sembuh atau umumnya penyakit yang lebih ringan.

Apa itu Hepatitis B

Hepatitis B ini di sebabkan oleh cairan yang ada pada tubuh kita seperti darah, air mani, dan air liur. Bagi penderita penyakit Hepatitis B yang sudah akut, pada umumnya sembuh pada janga waktu kisaran enam bulan. Bagi penderita hepatitis B kronis bisa saja akan memakan waktu lebih dari 6 bulan, itu saja Anda harus rutin meminum Obat agar penyakit tersebut segera menghilang pada tubuh Anda. Hepatitis kronis tersebut juga dapat menyebabkan resiko pengerasan Hati, bahkan dapat menyebabkan kanker pada Hati.

Tercatat sekitar 240 juga orang di dunia menderita penyakit Hepatitis B kronis. Sebanyak 686.000 di antaranya meninggal dunia akibat pengerasan Hati maupun kanker yang di akibatkan Hepatitis. Karena penyakit Hepatitis yang di anggapnya penyakit biasa, seringnya tidak segera di obati dengan tepat.

Apa itu Hepatitis C

Penyakit Hepatitis C ini penyebarannya hampir sama dengan Hepatitis B, akan tetapi lebih sering di temukan penularan melalui jarum suntik. Sama halnya dengan Hepatitis B kronis, Hepatitis C ini dapat berujung pada sirosis (Pengerasan Hati) atau kanker hati dalam kisaran waktu 20 tahun. Hepatitis C pada umumnya tidak memberikan gejala fisik, dan sekitar 15-45% penderita penyakit ini dalam kurun waktu 6 bulan sudah dapat sembuh jika rutin meminum obat dan konsultasi dengan dokter.

Jaga kebersihan diri kita atau lingkungan kita agar terhindar dari penyakit Hepatitis. Terutama jagalah anak-anak Anda, ajarilah tentang kebersihan. Sebelum dan sesudah dari kamar mandi cucilah kedua tangan Anda sebersih mungkin. Ketika makan, cobalah untuk mencuci kedua tangan Anda dahulu. Apa itu Hepatitis A B dan C sudah di jelaskan tentu dengan menjaga kebersihan segala penyakit akan menghindari diri kita.


EmoticonEmoticon