Thursday, October 26, 2017

Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis A adalah ?

Pernahkah Anda mendengar Penyakit Hepatitis A? Tentu saja ini tidaklah asing bagi kita. Hepatitis A adalah penyakit yang dapat menyerang organ dalam tubuh kita terutama hati pada manusia. Penyakit Hepatitis dapat menular melalui air atau bahkan makanan yang sudah terkontaminasi dengan salah satu penderita penyakit tersebut. Gejala pertumbuhan virus atau penyakit hepatitis ini tidak muncul dalam jangka waktu 3 hari, akan tetap gejala akan timbul pada kisaran 15 sampai dengan 50 hari setelah penyakit tersebut masuk ke dalam tubuh kita.

Hepatitis A adalah
Apa itu penyakit hepatitis A ?

Gejala Hepatitis A Adalah ?

Dari berbagai jenis penyakit, gejala berat atau tidaknya sebuah penyakit tentu saja bergantung pada umur penderita tersebut. Pada anak-anak sekitar 70% yang berusia di bawah 6 tahun yang sudah terkena virus hepatitis tidak mengalami gejala-gejala apapun, dan 30% lainnya mengalami gejala ringan.

Pada anak-anak yang mengeluhkan gejala penyakit ini, pada umumnya tidaklah bersifat khas, ringan, bahkan cenderung hanya seperti gejala penyakit flu saja. Berikut ini beberapa gejala penyakit hepatitis A pada anak-anak.
  1. Tubuh sang anak terasa lemas dan tidak memiliki semangat.
  2. Sang anak merasa pegal-pegal pada sekujur tubuhnya.
  3. Rasa mual, perut terasa kembung dan tidak nyaman sehingga nafsu makan anak berkurang.
  4. Penyakit hepatitis biasanya akan timbul warna kekuningan pada mata, rongga mulut, dan pada kulit.
  5. Deman anak yang suhunya tidaklah terlalu tinggi. Pada umumnya suhu berkisaran 38oC. Normalnya suhu tubuh pada manusia adalah 36,5oC sampai 37,5oC.

Lalu, Bagaimana dengan Gejala Hepatitis A pada orang dewasa ?

Untuk gejala pada orang dewasa di sini kebalikan dari gejala pada anak-anak. Yaitu sekitar 70% dari penderita ada yang mengeluhkan gejala penyakit tersebut. Di dalam tubuh, virus tersebut bisa secara leluasa berkembang lalu bertambah banyak, dan menyebar ke dalam sel hati kemudian menyerang ke saluran pencernaan. Berikut ini adalah gejala hepatitis A terhadap orang dewasa.
  1. Demam yang berlebihan, sering di katakana sampai menggigil.
  2. Tinja sudah berubah warna menjadi putih.
  3. Sama seperti anak-anak, tubuh menjadi lemas.
  4. Mual, dan muntah sehingga nafus makan tidak lagi muncul.
  5. Nyeri yang muncul pada kepala, perut, otot-otot sampai ke sendinya.
  6. Diare yang berlebihan.
  7. Perubahan warna Kulit, mata, bahkan rongga mulut. Sering di sebut juga icterus atau jaundice, gejala perubahan warna ini bisa atau mampu berlangsung selama 4 sampai 30 hari berturut-turut.
  8. Badan penderita sering merasa gatal-gatal.
Jika sudah mengalami hal tersebut di atas, segeralah untuk dapat memeriksakan atau konsultasikan dengan dokter. Agar penyakit hepatitis A dapat segera teratasi secara tetap dan cepat. Pada pemeriksaan berlanjut di dokter secara fisik maupun laboratorium, penderita penyakit Hepatitis A di temukan:
  1. Pembesaran pada hati maupun pada limpa.
  2. Peningkatan kadar enzim pada hati (SGOT dan SGPT).
  3. Antibiotik spesifik untuk penyakit Hepatitis A adalah posistif.
  4. Peningkatan atau pembesaran kelenjar limfe yang ada pada leher.

Lalu, Bagaimana pengobatan yang harus di tempuh bagi penderita Hepatitis A ?

Di Negara maju penyakit Hepatitis A sudah melau berkurang, di karenakan sudah munculnya kesadaran akan kebersihan lingkungan sekitar, serta sudah di temukannya obat atau vaksin terhadap penyakit Hepatitis A. Namun, virus ini penyebarannya melalui makanan atau minuman yang sudah beradaptasi dengan penderita Hepatitis A, sehingga dapat menyerang lebih dari satu orang saja dalam kurun waktu yang cukup singkat. Oleh karena itu, pencegahan terhadap sebuah penyakit perlu kita lakukan, untuk penyakit Hepatitis A adalah :
  1. Biasakan setelah dan sebelum makan atau minum, cucilah kedua tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun.
  2. Setelah dari kamar mandi, cucilah tangan dengan bersih. 
  3. Gunakan air bersih untuk membersihkan tangan, atau setelah buang air besar.
  4. Simpan makanan dan minuman dengan baik, agar tidak terkontaminasi virus.
  5. Dapat di berikan vaksin Hepatitis A.
Pengobatan Hepatitis A ini bersifat suportif, yang berarti pengobatan yang di berikan sesuai dengan gejala yang timbul pada saat itu juga. Vaksin Hepatitis A untuk keperluan perlindungan dapat di berikan 2 kali dengan jarak pemberian vaksin antara 6 sampai 12 bulan setelah di berika vaksin yang pertama. Penderita alergi vaksin tentu ini hal yang merepotkan, karena tidak di perbolehkan untuk penderita alergi vaksin.

Nah, Hepatitis A adalah ? Tentu Anda sudah memahami hal tersebut karena sudah membaca penjelasan di atas mengenai penyakit hepatitis A. Dalam artikel ini juga sempat di bahas mengenai gejala Hepatitis yang terjadi pada anak maupun orang dewasa. Sempat di jelaskan pula mengenai pengobatan secara sederhana. Kebersihan perlu Anda perhatikan untuk mencegah penyebaran penyakit Hepatitis A.


EmoticonEmoticon