Thursday, November 9, 2017

Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahan Penyakit Hepatitis

Tags

Cara Penularan hepatitis B – Penyakit hepatitis B sedikitnya di derita hampir 300 juta orang di seluruh dunia. Hal ini di karenakan Penularan Hepatitis B sangat dengan mudah menular melalui media perantara. Beberapa orang yang memiliki resiko tertular penyakit hepatitis B diantaranya adalah perawat, bayi yang lahir dari ibu yang menderita Hepatitis B, dan dokter. Tak banyak yang menyadari mengenai penyakit ini. Di karenakan hepatitis B memang tidak menimbulkan gejala penyakit yang mudah di lihat dengan fisik.


Penularan Hepatitis B
Penularan Hepatitis B & Pencegahan


Sedikit ulasan mengenai gejala penyakit hepatitis B. Gejalanya cenderung hal yang biasa di alami seseorang. Terjadi bisa selama enam pecan sampai enam bulan, yang sering terjadi dalam jangka waktu tiga bulan. Sama hal nya dengan gejala flu, mual, demam ringan, mudah lelah, muntah, diare, nafsu makan menurun, dan mata menguning termasuk dari gejala penyakit hepatitis B. Gejala mata menguning inilah yang sering menjadi patokan fisik dari penyakit hepatitis B.

Cara Penularan Hepatitis B


Mengenai tingkat penularan penyakit hepatitis B ini jauh lebih cepat dari virus HIV, penularannya pun 100 kali lebih cepat. Ada 2 golongan tentang cara penularan infeksi VHB, yang sering di sebut yaitu penularan vertikal dan penularan horinsontal. Penularan horinsontal mampu terjadi melalui kulit atau juga melalui selaput lender, sedangkan penularan melalui vertical terjadi ketika dari seorang pengidap yang mengalami kehamilan kepada bayi yang di lahirkan.

1.    Cara Penularan Hepatitis B melewati selaput lender

Penularan ini bisa saja terjadi melewati atau melalui mulut yaitu ketika bahan yang mengandung virus mengenai selaput lender pada mulut yang terluka, contohnya saja karena peradangan mulut atau setelah gigi di cabut. Selain itu, Penularan virus hepatitis B juga dapat bisa saja melalui selaput lendir alat kelamin, akibat dari berhubungan seksual dengan pasangan yang mempunyai kandungan HBsAg positif yang dapat bersifat infeksius.

2.    Cara Penularan Hepatitis B Lewat Kulit

Penularan ini bisa terjadi jika bahan yang mengandung virus hepatitis B masuk ke dalam kulit. Bisa di contohkan dengan kasus penularan akibat transfuse darah yang ada kandungan HBsAg positif, cuci darah pada penderita ginjal kronik, dan melewati alat suntik yang tidak steril. Yang sering terjadi di sini adalah melalui jarum suntik dari penggunakan obat-obatan terlarang secara bergantian. Virus Hepatitis B ini tidak dapat menembus pori-pori pada kulit, akan tetapi dapat masuk melewati kulit yang sudah terluka dan sedikit mengalami kelainan dermatologic.

3.    Cara Penularan Hepatitis B vertical

Penularan VHB merupakan dari ibu yang menderita hepatitis B yang sudah kronis kepada bayinya yang saat dalam kandungan. Jika infeksi hepatitis krons terjadi ketika masih dalam masa kehamilan trisemester pertama maupun kedua, umumnya penularan bisa jarang terjadi. Akan tetapi, jika hepatitis kronis terjadi saat masa kehamilan trisemester ketiga maka penularan bisa lebih terjadi. Bayi yang sudah terinfeksi tersebut bisa saja menderita hepatitis akut atau biasa sering terjadi adalah akan berkembangkan menjadi infeksi yang dapat menetap.

Cara Pencegahan Penularan Hepatitis B


Untuk cara pencegahan penyakit hepatitis anda bisa melakukan beberapa upaya atau tindakan yang ada di bawah ini :

  • Selalu menjaga kebersihan, tentu dengan menjaga kebersihan dengan cara selalu mencuci atau rajin mencuci tangan dengan sabun hendak ataupun setelah melakukan aktifitas.
  • Melakukan vaksin hepatitis B.
  • Mengetahui riwayat dari kesehatan keluarha anda. Jika di temukan riwayat penyakit hepatits B di dalam keluarga anda, anda perlu waspada dan hindari resiko penularan yang bisa saja terjadi.
  • Menghindari perilaku atau tindakan yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit hepatitis, contohnya dari menggunakan barang yang dapat masuk ke dalam tubuh secara bersamaan. 
  • Selalu perhatikan pola makan dan minum yang akan anda konsumsi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara penularan hepatitis B, dan cara pencegahan penyakit hepatitis B. Semoga dapat membantu menambah wawasan anda dalam penyakit hepatitis B. Jangan lupa share jika menurut anda ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon